Mengetahui Ilmu Industri Pariwisata Perhotelan

Image and video hosting by TinyPic
Diberdayakan oleh Blogger.
Image and video hosting by TinyPic

CARA UNTUK MENANGANI TAMU HOTEL YANG COMPLAINT

MENANGANI TAMU COMPLAIN

complain

tehnik-hotel. Ada beberapa type Complaint yang biasanya disampaikan oleh tamu kepada pihak management di hotel.
bisa itu dimulai dari fasilitas yang kurang nyaman, ada nya beberapa kendala atau hal yang tidak di mengerti tamu dengan cara penggunaan alat atau bahkan arah jalan yang kurang memadai (Sign),ada juga yang menyebabkan tamu Complaint karena kesalah komunikasi secara prosedur yang dilakukan petugas hotel, bahkan sampai karakter pribadi karyawan pun bisa saja menjadi bahan Complaint para tamu.

complaint


disini akan saya berikan beberapa cara untuk menangani Complaint di atas hanya dengan 3 Cara saja.
Mudah , dan bisa anda praktekan dimana pun dan kepada siapa pun .

1. saat menangani tamu Complaint / tamu sedang marah , bersikap lah wajar dan berusaha untuk tidak gemetar. maka diperlukanlah pengetahuan yang sangat detail tentang apa saja informasi atau keadaan di dalam hotel tempat anda bekerja. karena dengan modal ini lah anda akan mendapatkan celah atau usaha untuk menjawab kepada tamu yang sedah Complaint.

2. Diam dan berikan perhatian lebih Prioritas kepada tamu tersebut. Dengarkan dari awal sampai tamu tersebut berhenti bercerita tentang Complaint nya. jangan sekali kali memotong atau bahkan memberikan alasan tidak tepat. di utamakan tidak berbicara apapun selagi tamu masih belum selesai menyampaikan Complaint nya. Sepedas apapun perkataanya, anda cukup diam dan mendengarkan serta memberikan perhatian prioritas pada tamu, tatap matanya dengan seksama.
 Alasan mengapa anda harus diam ?? seperti kita ketahui, manusia memiliki temperament marah yang sangat cepat berkembang. disinilah tugas anda untuk dapat meredam kondisi itu. sudah menjadi fakta dalam dunia pariwisata bahwa mendengearkan dan senyum dengan tulus adalah senjata ampuh untuk menumpas Orang yang keras Kepala bahkan Pemarah.
Kondisinya seperti ini. "saat tamu menyampaikan complain dengan nada keras, dan ia dalam keadaan mungkin marah, maka orang tersebut sedang ingin menyampaikan sesuatu yang harus di tuntaskan serta di mengerti oleh penerima complain nya. biasanya setelah tamu bercerita , dari yang awalnya benar"sedang marah, tetapi complain nya sudah di sampaikan dengan tidak di poting pembicaraanya. tamu itu akan berhenti , dan mulai bisa komunikasi wajar kembali.

3. Ini tahap terakhir dimana semua keluhan sudah di terima dengan baik dan tetap santun, dan tamu tersebut tidak berbicara lagi. maka giliran anda untuk menyampaikan maaf dengan tulus, memberikan keterangan bahwa semua complain yang diterima akan di follow up secepat mungkin, serta ,mengucapkan terimakasih atas saran yang di telah sampaikannya.  apabila tamu tersebut akan Check Out. maka sampaikan ucapan, Di tunggu kedatangan bapak/ Ibu kembali di hotel ini.
Tag : Karir Hotel
0 Komentar untuk "CARA UNTUK MENANGANI TAMU HOTEL YANG COMPLAINT"

Back To Top